Happy Weekend! National Parc du Mont-Orford, Canada - Selamat Tinggal Musim Panas

Akhir musim panas kali ini, saya melakukan perjalanan ke Taman Nasional du Mont-Orford, Kanada dengan menyewa mobil. Perjalanan di mulai dari stasiun Monk menghabiskan waktu sekitar 1 jam 35 menit menuju ke sana. Selama perjalanan hujan turun cukup lebat sehingga perjalanan terasa lebih lama. Sesampainya kami di Taman Nasional du Mont-Orford kami membeli tiket masuk yang dibandrol 8.60 CAD/hari untuk 18 tahun ke atas dan gratis untuk < 17 tahun.

Lac stukely

Taman Nasional du Mont-Orford memiliki banyak tempat wisata dengan berbagai pilihan rute, kami memilih rute mudah karena terbatas oleh waktu yang sudah semakin sore dan keadaan alam yang terus hujan. Rute termudah ini di mulai dari Lac stukely berupa danau yang dijadikan tempat wisata untuk berenang, bermain kano, perahu pedal serta kayak.  Beberapa wisatawan juga melakukan aktivitas barbeque dan berjemur di sekitaran danau. Kami memutuskan untuk menikmati danau dengan menyewa perahu pedal seharga 27.00 CAD selama 1 jam. Ini sangat menyenangkan, merasakan air danau yang segar serta melihat panorama hutan sekitar secara dekat merupakan cara yang paling tepat untuk memanjakan mata.

Setelah menghabiskan waktu di Lac stukely, kami melanjutkan perjalanan menuju Etang- Fer-de-Lance berupa kolam dengan panorama gunung orford. Perjalanan menuju Etang- Fer-de-Lance harus melewati bukit dengan jarak 2 KM dengan estimasi waktu 45 menit dengan berjalan kaki. Selama perjalanan, kami disuguhi pemandangan alami sebuah hutan lindung. Suasana yang lembab, tanah yang basah serta matahari yang masuk antara celah daun cukup menjadikan perjalanan ini berkesan.
Etang- Fer-de-Lance

Sampai di tujuan memang tidak banyak yang bisa dilakukan selain beristirahat dan menikmati pemandangan. Jika ada kesempatan lagi, mungkin saya akan kembali pada musim gugur karena saya yakin pemandangan di Etang- Fer-de-Lance akan terlihat sangat cantik dengan warna orange yang menyelimuti pegunungan orford. Selain menikmati wisata pada musim panas dan musim gugur, Taman Nasional du Mont-Orford juga terbuka untuk musim dingin dengan pilihan wisata seperti torch-lit snowshoeing berupa wisata malam ditengah salju, cross-country skiing berupa ski lintas alam, snowshoeing dalam berbagai jalur dan tingkat kesulitan, winter hiking, ski-vel dan alpine touring. Saya bisa bayangkan betapa menyenangkan menikmati semua hal diatas ketika musim dingin berlangsung.

Tepat pukul 7 malam kami mengakhiri perjalanan di Taman Nasional du Mont-Orford dan diakhiri dengan makan malam di daerah Granby yaitu Restaurant Chez Trudeau. Tampilan luar restaurant yang cukup unik serta menu yang beragam menjadi alasan kami ke sini. Sesampai di sana, pelayanan yang kami dapat cukup memuaskan walaupun sedikit terkendala dengan bahasa, setelah memesan kami disuguhi roti sembari menunggu pesanan datang. Saat itu saya memesan calmar pané yaitu cumi goreng tepung serta suprême de poulet berupa ayam panggang dengan siraman saus madu, untuk harga makanan di restaurant ini di patok mulai dari 2.00 - 20.00 CAD belum termasuk pajak.

Inilah akhir pekan saya kali ini, jika ada waktu dan kesempatan Taman Nasional du Mont-Orford bisa dimasukkan ke dalam list perjalanan wisata ke kanada dalam berbagai musim dan nikmati berbagai fasilitas yang tersedia selama di sana. Bye, I hope you all have a good weekend!