Pembuatan Visa Kanada bersama VFS Global - Selalu ada jalan untuk sebuah kemudahan!


Rencana perjalanan saya menuju Montreal, Kanada akan melalui rute Jakarta - Chiang Mai - Bangkok - Beijing - Montreal. Pada rute transit memang saya tidak membutuhkan visa tapi untuk memasuki Montreal, Kanada saya membutuhkannya. Dari banyak informasi yang saya dapatkan mengenai pembuatan visa kanada, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan jasa VFS Global. Inilah beberapa referensi yang saya gunakan ;

http://applyvisacanada.blogspot.ca
http://devinach.blogspot.ca/2015/03/visa-canada.html
http://khuclukz.com/mengurus-visa-canada.html
https://bawangijo.com/2016/08/08/pengalaman-mengurus-visa-kanada/

Dari pengalaman para blogger diatas mereka memiliki kondisi yang berbeda-beda namun cukup membantu secara garis besar. Saya berharap tulisan ini bisa jadi pelengkap bagi para pembaca yang membutuhkan informasi mengenai pembuatan visa Kanada teruntuk yang memiliki kondisi sama seperti saya.

Saat pembuatan visa Kanada, saya adalah pegawai honorer di salah satu instansi pemerintah yang dikontrak selama 11 bulan. Diluar rencana satu bulan setelah bekerja, pacar saya memutuskan untuk melakukan lamaran. Saat itu dia sedang melakukan pendidikan di Mcgill University, Kanada yang telah berjalan selama 1 tahun. Lamaran diwakilkan oleh kedua orang tuanya dan diputuskan pada bulan ke 7 akan dilaksanakan pernikahan, kemudian 2 minggu setelahnya kami akan berangkat ke Kanada.

Masih tersisa 6 bulan sebelum pernikahan dan keberangkatan saya ke Kanada. Saya mengutamakan untuk menyelesaikan urusan visa terlebih dahulu karena jika ditolak maka saya masih ada waktu untuk apply lagi. Saya memutuskan untuk membuat visa visitor terlebih dahulu karena waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan visa visitor diperkirakan lebih cepat dibanding visa tinggal. Dalam pembuatan visa Kanada, saya menggunakan jasa pengelola permohonan visa yang bernama VFS Global yang berada di Jakarta.

Informasi lebih lanjut, klik > http://www.vfsglobal.ca/Canada/Indonesia/

Inilah berkas yang perlu persiapakan dalam pembuatan visa visitor Kanada, yaitu ;
  • IMM 5257 Apllication for Visitor Visa.
  • IMM 5707 Family Information Form.
  • Paspor.
  • Invitation Latter.
  • Digital Photo (2 Lembar).
  • Purpose of Travel - Other.
  • Proff of Relationship.
  • Certified Bank Draft .

Keterangan berkas ;

IMM 5257 dan IMM 5707. 
Persiapkan KTP dan passport saat pengisian formulir. Kedua formulir bisa didapatkan secara online di https://www.canada.ca/en/services/immigration-citizenship.html dengan cara ; 
  1. Klik link website diatas.
  2. Klik 'Travel' yang ada pada pilihan menu.
  3. Klik 'Visit Canada'.
  4. Klik 'Find out if you need a visa', kemudian lengkapi beberapa data. 
  5. Setelah itu, klik 'Find out how to apply'.
  6. Baca keterangan dan klik 'Apply for a Visitor Visa'. 
  7. Akan terdapat pilihan 'Apply online' dan 'Apply on paper'
  8. Klik 'Find out if you are eligible and apply online'
  9. Baca keterangan, klik 'Check your eligibillity'. 
Setelah selesai mengisi dan mengecek kembali jawaban, data ini bisa diprint sebagai bukti. Kemudian  tahap selanjutnya sekitar tahap ke 4 akan terlihat Application Form (s) berupa IMM5257 dan Supporting Documents berupa IMM 5707, kemudian download form tersebut. Saat pengisian formulir harus terkoneksi internet karena perlu validasi dan terakhir akan muncul barcode khusus pada formulir IMM5257 setelah pengisian data. 

Paspor.
Dari beberapa informasi yang saya dapatkan, masa berlaku visa tergantung dengan masa berlaku pasport dan pasport lama bisa menjadi berkas pendukung jika memiliki. Masa berlaku pasport yang saya gunakan saat itu masih berlaku 6 tahun lagi.

Invitation Latter.
Surat ini menandakan bahwa saya memiliki kenalan yang berada di Kanada, serta yang akan menanggung segala kebutuhan hidup saya selama tinggal disana. Lampiran rekening sang pengundang bisa menjadi berkas pendukung untuk menyakinkan kedutaan bahwa sang pengundang mampu melaksanakan tanggung jawab tersebut. 

Digital Photo (2 Lembar).
Wajah harus terlihat jelas, tanpa editan, ukuran foto 3,5 x 4,5 dengan latar belakang putih dan ukuran wajah 80%. Itulah syarat foto untuk membuat visa Kanada. 
Purpose of Travel - Other.
Dalam berkas ini, saya hanya melampirkan pesanan tiket pesawat yang telah di pesan lewat Qatar Airways dengan masa berlaku 2 hari. 

Proff of Relationship.
Berkas yang saya lampirkan untuk proff of relationship cukup banyak, yaitu ;
  • Bukti pemesanan undangan dari percetakan termasuk kartu nama perusahaan.
  • Bukti pemesanan gedung dengan format berbahasa inggris.
  • Fotokopi Study Permit, KTP, KK dan passport calon suami.
  • Foto saya beserta calon suami (ini mengikuti saran dari para blogger).

Certified Bank Draft.
Dalam melengkapi berkas ini ada baiknya teliti agar tidak mengalami kesalahan dalam membedakan bank draft dan certified bank draft. Dalam pembuatan visa dibutuhkan certified bank draft yang bisa diterbitkan dalam waktu 15 menit. Tahap dalam pembuatan certified bank draft 
  1. Datangi salah satu bank, saat itu saya menggunakan bank mandiri. 
  2. Temui teller untuk melakukan pembayaran dengan format dari VFS Global.
  3. Setelah pembayaran akan disarankan ke CS untuk melakukan penerbitan. 
  4. Selesai. 
Pembayaran disesuaikan dengan nilai CAD (Canadian Dollar) dengan tambahan biaya bank sebesar Rp. 38.500 serta materai Rp. 6000.

Setelah semua berkas wajib siap, saya menambahkan berkas kontrak kerja sebagai berkas pendukung. Kemudian saya menyerahkan berkas tersebut kepada pihak VFS Global sebanyak 1 rangkap untuk diproses ke kedutaan. Setelah melakukan pembayaran kepada VFS Global sekitar Rp. 300.000, saya mendapatkan bukti pembayaran disertai tracking Id

Sekitar waktu tunggu 2 minggu, akhirnya saya mendapatkan kabar bahwa paspor saya sudah bisa diambil. Saat itu saya diberikan 2 pilihan dalam mengambil paspor yaitu dengan cara membayar ongkos kirim ke rumah atau menggunakan wali (teman, saudara, etc) dengan syarat memiliki surat kuasa tanpa perlu materai, fotokopi KTP pihak pertama dan kedua serta struk pembayaran. Saya memilih untuk diwakilkan karena kebetulan saat itu teman saya berada di Jakarta dan akan kembali dalam waktu dekat. Alhamdulilah setelah 3 minggu menunggu, akhirnya paspor sudah ditangan dengan keadaan visa telah tertempel dengan masa berlaku 2 tahun.

***
Penolakan merupakan sesuatu yang bisa dikatakan bukan hal mustahil bagi saya jika pihak kedutaan merasa tidak yakin dengan berkas yang saya miliki, sehingga saya membuat visa dari jauh hari agar bisa mengulang pembuatan visa setidaknya 2 sampai 3 kali sebelum hari keberangkatan. Saat dinyatakan lolos tentu ini sebuah kebaikan, dari pengalaman saya mengenai pembuatan visa Kanada bisa dikatakan pihak kedutaan akan memberikan kemudahan bagi visitor yang bisa melengkapi berkas yang bisa menjawab beberapa pertanyaan dasar seperti ;
  • Apa keperluan anda datang ke Kanada ?
  • Siapa yang bertanggung jawab selama anda di Kanada atau siapa yang ingin anda temui ?
  • Bagaimana anda bisa mencukupi kehidupan selama di Kanada ?
  • Dimana anda tinggal selama di Kanada ?
  • Kapan anda berangkat ke Kanada dan kembali ke Indonesia ? 
Inilah pengalaman saya saat membuat visa Kanada, semoga bisa membantu bagi pejuang visa yang akan melakukan perjalanan ke Kanada! 

Tidak ada komentar