Stick Biskuit Aneka Rasa dari Jepang dan Korea untuk Dunia, Pocky dan Pepero!


Makanan ringan yang tersedia di mini market maupun mall terbesar sekalipun memiliki kemasan yang hampir sama satu sama lain namun yang membedakan adalah isi, rasa, harga dan desain kemasan. Nah, berdasar pemikiran diatas saya akan membahas produk makanan ringan yang memiliki bentuk kemasan dan rasa yang hampir sama namun berasal dari negara yang berbeda yaitu Jepang dan Korea. Produk makanan ringan yang dikeluarkan oleh Jepang dan Korea ini berupa stick biskuit berbalut coklat aneka rasa dan cukup populer di seluruh dunia, salah satunya Indonesia.



Yups, hanya menjelaskan bentuk dari makanan ringan ini saja, mungkin banyak orang yang bisa menebak nama produk yang akan saya bahas yaitu pepero dan pocky, Yummy! Pepero merupakan stick biskuit keluaran Korea dari perusahaan lotte, sedangkan pocky berasal dari perusahaan Jepang yang bernama ezaki glico atau lebih dikenal glico. Berdasarkan info yang saya dapatkan dari situs website keduanya, pocky dan pepero memiliki perbedaan usia yang cukup jauh yaitu 17 tahun dimana pocky lahir terlebih dahulu pada tahun 1966 dengan rasa pertamanya yaitu pocky coklat. Banyak isu yang tersebar bahwa pepero merupakan makanan hasil jiplakan dari pocky namun jauh dari isu tersebut tentunya kedua produk memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Nah, letak keunggulan dan kekurangan inilah yang akan saya bahas.


Baca juga : Parfait au Caramel "Delicious Dessert" by Riviera Colletion

Pocky dan pepero bisa ditemukan dengan MUDAH dari mini market sampai mall besar dan kadang mereka di letakkan bersebelahan. Bagi yang sudah setia dengan salah satu produk tersebut akan mudah untuk memutuskan mana yang akan di letakkan pada keranjang belanjaan namun bagi yang kebingungan akan cukup menghabiskan waktu untuk membandingkannya.

Let me help you to choose one of them! 

Kemasan
Dilihat dari bentuk kemasan, pocky dan pepero memiliki bentuk kemasan serta pemilihan warna desain yang hampir sama, misalnya pemilihan warna merah untuk edisi stick biskuit rasa coklat pada kedua produk tersebut. Dari kedua kemasan, saya cukup sulit menentukan mana yang terlihat 'paling menarik' karena keduanya memiliki karakter tersendiri namun saya memiliki sedikit pendapat mengenai desain kemasannya yaitu desain pocky memberikan gambaran kepada pembeli bahwa mereka akan puas membeli pocky karena memiliki isi yang banyak, sedangkan pepero terkesan menjelaskan bahwa rasa menjadi hal utama dibanding isi.



Harga
Saya membeli pocky 'cookie & cream' ukuran 70g seharga 2.59 CAD dan pepero 'chocolate & biscuit' ukuran 32g seharga 1.79 CAD (harga belum termasuk pajak 15%) pada sebuah toko swalayan yang ada di kawasan china town, montreal. Biasanya harga yang dipatok tiap toko akan berbeda namun tidak akan jauh dari kisaran di atas.


Isi
Pada ulasan harga sedikit disinggung mengenai berat pada kedua produk tersebut dimana pocky memiliki berat 70g dan pepero 32g. Tentunya dilihat dari berat saja sudah terlihat produk mana yang paling banyak isinya yaitu pocky dengan isian 30 stick biskuit, berbeda dengan pepero yang hanya berisi sekitaran 8 stick biskuit.

Baca juga : Good Morning "Pumpkin and Yum Tea"!

Rasa
Bagi saya sendiri rasa adalah hal utama dari sebuah makanan ringan, kadang saya melupakan persoalan harga jika saya amat menyukai rasa pada produk tersebut. Mengenai rasa antara pocky dan pepero, saya lebih menyukai pepero karena rasanya yang terkesan premium dimana remah biskuit serta coklat putih yang saling berpadu sempurna pada tiap gigitan tanpa menghilangkan salah satu rasa. Berbeda dengan pocky, saya tidak merasakan sesuatu yang spesial dan terkesan rasa yang saya dapatkan hanya rasa manis dari cream dan stick biskuit.




Kesimpulan
Setelah saya pikirkan dan rasakan kedua produk tersebut memiliki keunggulan tersendiri namun jika saya hanya diberikan satu pilihan maka saya akan lebih memilih pepero karena bisa dikatakan kepuasan saya saat memakan 4 stick pada pocky mewakili 1 stick biskuit pada pepero.


Yey, selamat kepada PEPERO yang masuk dalam salah satu list makanan ringan saya! Ini hanya tentang selera jadi bagi pecinta pocky sekalian, saya yakin kita tidak akan saling bermusuhan hanya karena makanan ringan kita berbeda (LOL).

Wisy you always be happy!

2 komentar

  1. Belum pernah makan salah satunya. Kayaknya yg papero lebih menggoda ya memang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Anggun,
      Segera datangi toko terdekat dan buktikan kenikmatan pepero tapi jgn lupa bayar hehe

      Hapus