(Update : 2020) Produk Perawatan Wajah Kulit Berminyak, Sensitif dan Jerawat

Foto oleh Madison Inouye dari Pexels
Kulit berminyak, sensitif dan berjerawat bukan hanya masalah kamu aja kok. Ini merupakan permasalahan nasional karena kita hidup di negara tropis, makanan berminyak merupakan santapan utama ditambah dengan polusi udara.  Walaupun dari semua itu, aku sendiri gak tau yang menjadi penyebab pastinya.

Sebelum kamu meneruskan baca, kamu harus tau cerita sebelumnya di pengalaman selama 4 bulan bersama the body shop. Setelah putus asa beberapa minggu setelah perisitiwa tersebut, akhirnya aku memutuskan untuk mencari formula yang tepat untuk jenis kulit berminyak, sensitif dan berjerawat. Formula ini terdiri dari cleansing milk, facial wash dan toner. Hasilnya sebagai berikut ;

L'oreal Paris Cleansing Milk for All Skin Type 
Rp.98.000/200ml

Sumber Foto : https://tinyurl.com/y9sopt64
Dari tahun 2016 sampai 2020 aku masih menggunakan cleansing milk yang sama loh. Menurutku cleaning milk dari L'oreal ini terbaik untuk kulit berminyak, berjerawat dan sensitif. Teksturnya yang ringan dan kelembaban yang diberikan terasa pas, bikin adem wajah setelah pemakaian. Aku hanya menggunakan cleansing milk 1 kali sehari di the end of the day waktu aku mau tidur karena menghindari penggunaan berlebihan, kecuali saat full make up ya. Biasanya aku langsung hapus make up setelah acara selesai untuk menghindari jerawat dan beruntusan. Bersihinnya juga 2 - 3 kali buat mastiin gak meninggalkan bekas.

Oriflame Pure Skin/ Face Toner 
Rp.99.000/150ml
Sumber Foto : https://tinyurl.com/yaf2eqwq
Tahun 2016 aku menggunakan produk ini selama 3 bulan saja karena saat itu aku menggunakan 2 toner sekaligus. Dirasa terlalu berlebihan, aku putuskan untuk menghentikan produk ini. Sebenarnya produk ini punya poin plus dalam mengatasi kulit berminyak tapi aku kurang suka wangi yang terlalu menyengat. Jujur, bikin pusing waktu pertama kali pake. Itu juga salah satu pertimbanganku untuk menghentikan penggunaan. Penggunaan cleansing milk l'oreal dan oriflame pure skin selama 3 bulan ini aman, gak ada jerawat yang bertambah dan minyak pada wajah berkurang.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser For All Skin Types
Rp.150.000/250ml
Sumber Foto :https://tinyurl.com/ya6sencx
Kalo kamu jenis kulit berminyak, berjewat dan sensitif aku sangat merekomendasikan ini! Bayangin aja, aku udah 5 tahun pake masih merasa takjub. Memang kamu akan merasa aneh, gak yakin bahkan mungkin heran saat pertama kali pake. Itu juga terjadi padaku. Kamu gak bakalan ngerasain sensasi busa, wangi bahkan warna yang cute saat cuci muka tapi khasiat yang diberikan oleh produk ini gak ada yang bisa ngalahin. Wajah kamu akan terasa lebih sehat!

Kini aku udah menuliskan 3 produk sesuai urutan penggunaan. Setelah membersihkan wajah dengan cleansing milk l'oreal, aku melanjutkan dengan oriflame pure skin baru cuci wajah dengan cetaphil gentle skin cleanser. Hasilnya selama 3 bulan pemakaian semua aman walaupun 3 produk ini tidak mengatasi bekas jerawat dan juga setelah aku memutuskan untuk tidak menggunakan oriflame pure skin, wajah juga tetap aman dan terkendali.

Tahun 2020 aku mencoba untuk menggunakan 2 produk facial wash yaitu cetaphil oily skin dan gentle skin. Alasannya karena saat ini aku tinggal di negara 4 musim, aku merasa wajahku butuh perhatian khusus ketika musim panas dimana produksi minyak lebih banyak jadi menurutku cetaphil oily akan lebih cocok. Untuk penggunaan, aku hanya menggunakan cetaphil oily 1 kali sehari untuk menghindari timbulnya iritasi akibat minyak alami pada wajah hilang.

The body shop tea tree skin clearing mattifying toner
Rp. 169.000/250ml
Sumber Foto :https://tinyurl.com/y85k4g9v
Ini adalah toner kedua yang aku pake bersamaan dengan oriflame pure skin selama 3 bulan. Setelah itu aku hanya menggunakan toner ini saja, bukan karena toner sebelumnya gak cocok hanya saja menghindari penggunaan toner yang berlebihan karena bisa mengakibatkan wajah iritasi.

Sebagai informasi tambahan. Aku menggunakan semua produk ini setelah lolos test pakai 1 minggu. Apa itu test 1 minggu ? Begini gambarannya, aku hanya menggunakan satu produk selama 1 minggu tanpa berbarengan dengan produk apapun, setelah dirasa gak ada hal buruk terjadi. Baru aku lanjut dengan produk berikutnya berbarengan dengan produk pertama selama 1 minggu lagi, dan begitu seterusnya. Plusnya, aku bisa tau produk mana yang gak cocok.

Saat ini dari 4 produk di atas aku hanya menggunakan produk cleansing milk l'oreal dan cetaphil. Aku sudah menghentikan penggunaan toner dari tahun 2017 karena wajah dirasa sudah jauh lebih sehat. Saranku, jangan jadikan putih sebagai patokan kulit sehat ya dan kenali jenis kulit wajah kamu dengan tepat agar produk yang kamu gunakan berkerja maksimal. Oh ya, mungkin kamu ada yang bingung kenapa aku gak pake foto produk sendiri malah ambil dari web, jawabannya karena di tahun 2016 aku belum punya kamera yang memadai untuk ambil foto sebuah produk dengan bagus dan jelas jadi aku putuskan untuk ambil foto dari web aja tentunya dengan sumber tercantum ya.

Sekian pengalamanku mencari perawatan wajah selama 5 tahun, semoga bermanfaat ya. Bagi kamu yang lagi berjuang mencari perawatan wajah yang tepat, semangat ya dan jangan menyerah! Untuk pertanyaan, informasi atau mau share pengalaman langsung share di kolom komentar ya.

Tidak ada komentar