Solusi memasak lebih efisien dengan MEAL PREPARATION !

Meal preparation makan siang untuk 2 orang (bulgogi, paprika hijau, brokoli, pasta dan nasi)
Jika ada yang bertanya padaku hal apa yang ingin dihapuskan dari rutinitas pekerjaan rumah tangga, maka aku akan jawab dengan tegas rutinitas MEMASAK!

Aku merasa memasak itu paling banyak menguras waktu, tenaga dan pikiran. Seringnya aku menghabiskan waktu kurang lebih 4 jam untuk persiapan, memasak dan membereskan. Kadang aku berpikir, apa aku ini gak ikhlas ? Kok ngeluh capek sih, padahal masak buat keluarga. Posisiku saat itu baru selesai melahirkan, jadi baru sadar banyak waktu terbuang hanya untuk masak.

Daripada capek akhirnya aku putuskan untuk mencari solusi. Setelah berseluncur di dunia maya akhirnya aku ketemu metode MEAL PREPARATION yaitu membuat stok makanan untuk jangka waktu pendek atau panjang. Katanya metode ini cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dan menerapkan pola hidup sehat. Kedua hal di atas memang belum menarik minatku tapi setelah aku cari tahu lebih dalam, metode ini sangat tepat untuk mempersingkat waktu memasak.

Beberapa menu meal preparation yang pernah dibuat.
 Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai meal preparation yaitu lama makanan yang di simpan tergantung bahan makanan, gunakan wadah yang aman untuk dipanaskan berulang kali, pastikan masakan sudah dingin sebelum dimasukan ke dalam kulkas dan pisah makanan berkuah dan kering.

Pertama kali menerapkan meal preparation aku menyiapkan menu makan siang selama 3 hari terdiri dari bulgogi, brokoli rebus, tahu panggang dan nasi. Semua itu sudah tertata rapi dalam 6 wadah karena untuk 2 orang (aku dan suami). Hasilnya menakjubkan! Setidaknya aku gak perlu masak untuk makan siang 3 hari ke depan. Sebenarnya metode ini sudah lama diterapkan sama suami dari sebelum menikah tapi sebagai istri tentunya sedih dong masa bawa bekal makanan beku makanya aku memilih masak tapi setelah melahirkan pilihan terbaik untuk kami berdua sepertinya kembali ke laptop (makanan beku). 

Meal preparation yang aku siapkan paling sering hanya untuk 3 hari karena dari informasi yang aku dapat maksimal penyimpanan bagusnya hanya 4 hari di pendingin dan hitungan bulan jika dibekukan (tidak semua menu cocok untuk dibekukan). Untuk sayur sendiri kadang aku menyiapkannya saat pagi hari tergantung jenis sayur. Menu meal preparation yang paling sering aku buat selain ayam panggang, ada bulgogi, ayam goreng dan telur balado/semur. Sayurnya paling sering hanya direbus. Makanan berkuah aku bikin secara terpisah biar gak basi dan menghindari nasi mengembang. Kenapa gak ada menu ikan atau seafood ? Soalnya ikan dan menu seafood dijadikan menu makan malam hehe. 

Aku ada kepikiran untuk menggunakan metode ini jika udah di Indonesia tapi gimana menghangatkan makanannya ? Jarang banget microwave ada ditempat seperti kampus, kantin bahkan kantor. Sebenarnya gak ada juga gpp karena aku pernah makan gitu aja tanpa dihangatkan cuma tekstur nasinya berubah jadi lebih kering. Jadi biasanya untuk menu bekal perjalanan, aku membuat nasi atau pasta menjadi lebih lembek. Itulah sefruit pengalamanku dengan metode meal preparation yang sudah aku jalani selama 5 bulan ini. Kalo kamu ada pengalaman menggunakan metode ini atau mau share metode baru silahkan share di kolom komentar ya.


Tidak ada komentar