(HPL) Hari Perkiraan Lahir lewat, apa yang harus saya lakukan ?

Hi Moms or soon to be Moms !

Masih mengenai cerita kehamilan nih, namun kali ini saya akan menceritakan masa akhir kehamilan saya yang lewat dari HPL (Hari Perkiraan Lahir). Jika kalian mengikuti cerita mengenai masa kehamilan saya di Happy Pregnancy! - Mempersiapkan Kelahiran di Montreal, Kanada (III) maka pada tanggal 5 Desember 2018 pada usia kandungan 38 minggu merupakan pertemuan kedua saya dengan dr. Ponette dan pertemuan selanjutnya akan dilakukan setiap minggu yang jatuh pada tanggal 12 Desember 2018 usia 39 minggu.

Pemeriksaan berlangsung seperti biasa, kami mengantri kemudian melakukan pemeriksaan tekanan darah, berat badan serta menjawab beberapa pertanyaan seputar kehamilan dari perawat dan dilanjutkan dr.Ponette melakukan pemeriksaan. Minggu berikutnya pada usia kandungan 40 minggu dan HPL telah lewat 3 hari, saya masih belum merasakan adanya kontraksi, pendarahan ataupun pecah ketuban sehingga dr.Ponette menyarankan untuk melakukan induksi pada tanggal 22 Desember 2018, tepat pada hari ibu namun kami melewatkan proses induksi tersebut karena tidak menerima telepon dari rumah sakit.

Untuk mengurangi rasa khawatir, saya banyak melakukan berbagai kegiatan untuk membantu mempercepat kelahiran misalnya mengepel lantai, senam bola, jalan jongkok dan senam hamil (sesuai saran dokter). Oh ya semakin mendekati hari kelahiran saya mengalami gatal yang luar biasa di area perut dan dr.Ponette  memberikan resep obat berupa krim seharga C$ 40.00 ! Saran saya, jika baru mengalami gatal saat mendekati atau sudah lewat HPL sebaiknya gunakan alternatif lain yang lebih murah seperti handbody atau minyak almond walau memang tidak terlalu efektif setidaknya menghindari kerugian seperti yang saya lakukan dimana 2 hari setelah saya mendapatkan krim ini, saya melahirkan.

Itulah sepenggal cerita penantian dan perjuangan saya menanti kelahiran si bayi, mungkin moms di sini ada yang ingin cerita mengenai kehamilannya atau sekedar bernostalgia ? Langsung ke kolom komentar ya.

Tidak ada komentar