Maksimalkan hidup dengan 5 buah pakaian selama 2 tahun, bisa ?

Pernah enggak sih kalian diposisi harus datang ke suatu acara tapi bingung milih pakaian? Aku sering banget ngalamin itu. Ada aja alasan kalau mau milih pakaian misalnya mau pake pakaian A ntar dibilang itu lagi-itu lagi, kalau mau pake pakaian B kurang pede, terus pakaian C  terlalu ribet dan banyak alasan lainnya. Ngabisin waktu buat milih tapi ujung-ujungnya pakaian A lagi yang kepilih karena paling nyaman. Ada yang seperti itu ?

Semoga aku tidak sendiri hahaha. Aku tuh bukan tipe yang berani tampil beda dan kurang bisa mix and match pakaian. Bagiku hal yang paling utama dalam memilih pakaian memang rasa nyaman dan simpel namun saat di lapangan pakaian yang aku beli berdasarkan diskon, merek, pengaruh iklan, belum lagi pengaruh teman.

Intinya ada aja alasan buat beli baju tapi waktu udah dibeli malah kurang pede buat dipakai atau malah bingung mau dipakai ke acara apa. Sampai suatu titik aku cukup bosan dengan rutinitas seperti ini! Akhirnya aku putuskan untuk cari solusi dan tanpa sengaja nonton salah satu video youtube dari channel Asian bos berjudul meet the famous minimalist in Japan : Fumio Sasaki. Damn! Keren bangetlah orang itu.

Memang sebelumnya aku pernah dengar sekilas mengenai hidup minimalis. Sempat juga search tentang marie kondo yang merupakan pencetus metode konmari tapi saat itu aku belum tertarik. Aku merasa metode itu mustahil bisa aku terapkan. Setelah melihat video tersebut aku semakin yakin tidak bisa hidup minimalis karena banyak barang yang harus disingkirkan untuk menerapkan hidup seperti itu.

Jadi, aku menarik kesimpulan untuk memaksimalkan segala sesuatu dibanding harus mengganti atau membuangnya. Hal ini aku coba terapkan saat aku memilih dan membeli pakaian, Alhamudulilah berhasil! Nyatanya aku bisa hanya membeli 5 buah pakaian selama 2 tahun. Seandainya dari dulu aku bisa begini, udah berapa banyak tabunganku hahaha.

Dulu aku masih ingat, saat jaman kuliah setiap bulan maksimal 5 buah pakaian baru bertambah namun setelah dibeli, lebih banyak diam dalam lemari dibanding digunakan. Bayangkan, jika itu terus terjadi ketika kita membeli pakaian dan membuat tumpukan pakaian semakin banyak. Sampai kita merasa lemari pakaian kurang besar dan berakhir membeli lemari pakaian baru yang lebih besar padahal masalah yang ada bukan pada lemari.

Setelah membeli lemari baru yang lebih besar, kitapun merasa rumah terlalu sempit dan berpikir untuk membeli rumah baru yang lebih besar. Semua ini memang hanya berawal dari sebuah pakaian namun berdampak besar jika terus dilakukan. Jika tidak mencari solusi akan hal ini, sangat besar kemungkinan akan terus membuat kita tidak puas dengan yang ada saat ini. Ini baru dari pakaian loh, apa kabar perabotan di dapur haha, otomatis pindah rumah nih.

Mari kita maksimalkan apa yang kita miliki!
Terbukti aku bisa hanya membeli 5 buah pakaian selama 2 tahun ini dengan memaksimalkan pakaian sebelumnya. Masih ada yang takut akan komentar orang lain karena terus berpakaian sama? Abaikan.

Kita tidak membuat orang lain rugi, bukan juga berpakaian demi orang lain dan bisa jadi dengan menerapkan hidup maksimal kita juga bisa memaksimalkan pendengaran untuk lebih mendengar saran dan kritakan yang bersifat membangun dibanding menjatuhkan. Tertarik untuk memaksimalkan barang yang sudah kalian miliki? Tidak ada kata terlambat untuk memulai.




Tidak ada komentar