Indonesia menjadi negara tersantai di dunia versi lastminute.com

Santuy dulu yuk!

Ngabisin waktu scroll media sosial sambil nyemil di atas kasur tuh, sesuatu banget deh. Apalagi ditambah baca komentar warganet dari negara berkembang haha. Aku jadi kepikiran kenapa bahasa gaul santuy yang berasal dari kata santai jadi bisa booming banget digunain oleh netizen, setelah wagelaseh, bucin dan bahasa gaul lainnya.

Beberapa konten mengaitkan kata santuy dengan sikap seseorang dalam mengambil keputusan, misalnya saat gempa terlihat seseorang lebih memilih tidur dibanding harus menyelamatkan diri. Banyak orang yang merespon konten tersebut seakan itu adalah alasan kenapa Indonesia menjadi negara tersantai di dunia.

Apa ini berkaitan setelah Indonesia ditetapkan sebagai most chilled-out country in the world versi Lastminute.com ?Aku putuskan untuk langsung cek ke website lastminute.com dan ternyata ada 4 penilaian yang mereka lakukan! Duh, hampir aja kemakan konten. Sebenarnya ngecek berita kaya gini tuh jarang banget aku lakuin, kebetulan aja lagi santuy.

Perlu kita ketahui bahwa lastminute.com merupakan website sebuah agen perjalanan dari Inggris. Mereka melakukan survei kepada 15 negara dengan tema most chilled-out country in the world dan Indonesia meraih peringkat pertama! Penilaian yang mereka lakukan terdiri dari 4 hal yaitu breaks, environment, culture dan human rights.

sumber : https://www.lastminute.com/en/discover/most-chilled-out-countries-in-the-world.html
Bisa dilihatkan gak ada penilaian mengenai cara orang Indonesia bersikap seperti konten yang berseliweran itu. Pendapat pribadi, sebaiknya berikan keterangan yang jelas bahwa Indonesia mendapatkan gelar negara tersantai karena breaks, environment, culture dan human rights yang memiliki penilaian yang bagus bukan seperti yang terlihat pada konten. Kalo beginikan jelas, orang yang lihat bisa ketawa plus dapat ilmu tuh dari kontennya.

Soalnya masih banyak orang yang kurang bijak saat mendapatkan informasi khususnya untuk melakukan pengecekan. Aku juga termasuk sih, kalau aku gak cek langsung ke website lastminute.com, jujur aja aku pasti mikir kalau itu memang menjadi alasan mereka memberikan gelar tersebut.

Aku bahas ini karena jadi keinget ketika banyak orang melakukan aktivitas gak wajar di lampu merah seperti mandi, tiduran dan berpose aneh. Itu booming banget! Jadi bisa aja virus santuy ini menjelma menjadi hal yang sama. 

Tidak ada komentar